Mas, share dong panduan facebook ads untuk pemula.
Ok, sekarang kita bahasa facebook ads alias layanan periklanan facebook. Moga bisa membantu ya.
Apa sih Facebook Ads?
Facebook Ads merupakan layanan periklanan yang disediakan oleh facebook untuk orang-orang yang ingin beriklan di facebook dan semua mitra facebook.
Karena ini layanan periklanan, maka sifatnya berbayar.
Artinya… Para pengguna facebook ads adalah mereka yang berduit.
Paham ya.
Baca juga: 9 Tips Instagram Marketing
Kelebihan Facebook Ads dengan Periklanan Lain
Kalau dibandingkan dengan iklan konvensional (misal beriklan di TV, radio, billboard, majalah, koran, dll) maka beriklan di facebook bisa dibilang lebih murah.
Karena hanya dengan budget 20.000 saja anda sudah bisa mulai beriklan di facebook. Berbeda dengan media konvensional yang butuh modal ratusan ribu hingga jutaan rupiah per iklan.
Terlebih lagi, umumnya jika iklan dengan media konvensional kita sulit membaca data, seperti berapa orang yang melihat iklan kita, berapa prosentase konversi yang berhasil tercipta, placement mana yang terbaik, dll.
Tapi dengan facebook anda, anda bisa membaca data periklanan. Sehingga anda akan mengetahui bagaimana menciptakan iklan dengan koversi terbaik.
Lanjut.
Jika dibandingkan dengan social media online lain (spt. Google Ads, Twitter Ads, Linkdin Ads, Pinterest Ads) maka facebook ads unggul karena bisa menarget spesifik market.
Dengan Facebook Ads kita bisa menarget orang berdasarkan interest, umur, lokasi, pekerjaan, kesukaan, dll.
Pokok detail lah.
Jadi iklan yang kita pasang di facebook ads akan lebih tertarget. Sehingga peluang terjadinya konversi menjadi lebih besar.
Panduan Facebook Ads untuk Pemula
Ok, sekarang kita masuk ke bagian teknis. Yaitu cara beriklan di fb ads yang mudah. Gak ribet. Jadi anda pasti bisa praktek.
Akun Fb Khusus Iklan
Biasanya para Advertiser (pengiklan) menggunakan akun facebook khusus untuk melakukan iklan.
Kenapa?
Sebagai bentuk jaga-jaga jika akun kena banned atau checkpoin oleh pihak facebook, entah dengan alasan apa.
Jadi tak ada salahnya kan jaga-jaga.
Anda tinggal buat akun facebook baru. Beres.
Yang terpenting, saat anda membuat akun fb khusus iklan isilah data sesuai dengan KTP. Misal, nama asli, alamat, no. hp.
Karena kadang fb akan melakukan two authentication.
Ads Manager
Jika sudah punya akun fb baru khusus iklan, selanjutnya anda tinggal klik aja menu (+) lalu Iklan

Posisinya ada diatas tombol log out.
Anda akan masuk halaman periklanan (Ads Manager)
Setting Pembayaran
Saat pertama kali masuk ke Ads Manager, biasanya anda akan disuruh mengisi metode pembayaran. (Baca: Anda nanti bayar iklan pake metode apa)

Kalau saya pribadi, suka menggunakan metode pembayaran kartu jenius BTPN dan Kartu Debit Mandiri.
Cukup miliki satu kartu saja. Bisa pake Mandiri, atau Jenius BTPN.
Kalau kartu mandiri (bisa pake kartu debit). Sedangkan kalau pakai Jenius BTPN anda harus mengaktifkan fitur e-Card Jenius.
Create Ads
Setelah memasukkan metode pembayaran, anda akan dialihkan ke halaman Ads Manager (halaman periklan)

Klik aja tombol Create
Setting Campaign
Kita akan diarahkan ke menu campaign.
Just info. Struktur iklan facebook ads itu ada 3:
- Campaign : Tempat kita memilih objective iklan
- Ad Set : Tempat kita setting target iklan
- Ads : Tempat kita mendesain tampilan iklan text dan image
Paham ya, lanjut.
Akan muncul 3 pilihan obyective iklan.
- Awareness: Jenis iklan untuk memperkenalkan brand
- Consideres: Jenis iklan untuk mencari interaksi
- Conversions: Jenis iklan untuk mencari konversi
Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

CBO
Nah, sekarang facebook menyediakan fitur CBO (Campaign Budget Optimization).
Fitur ini memungkinkan anda untuk meminta batuan facebook untuk mengoptimasi iklan secara keseluruhan dari campaign.
Posisi CBO ada di bawah objective iklan. Setelah anda isi judul iklan.

Aktifkan fitur CBO lalu isi budget harian anda.
Saran saya, di awal-awal ngiklan pasang aja budget 20.000,- gak perlu mahal-mahal dulu.
Klik Continue
Setting Ad set
Ok, kita masuk ke kolom ad set.
Isi judul ad set anda lalu geser ke bawah ada kolom Audience.

Disini anda harus setting,
- Lokasi; Setting lokasi anda, bisa negara, kota atau lebih spesifik lagi.
- Age; Setting umur target anda. Misal, antara 18 – 45 tahun
- Gender; Setting jenis kelamin
- Detailed Targetting; Setting target spesifik anda
Pada pilihan Detailed Targetting, anda bisa menarget market anda secara detail.
Misal, anda mau ngiklan obat diet maka target anda adalah orang-orang yang suka dengan topik diet.
Atau… Anda mau ngiklan buku edukasi anak, maka target anda adalah orang-orang yang sudah memiliki anak.
Anda bisa setting secara spesifik target iklan anda.
Lalu scroll ke bagian paling bawah, klik Continue
Setting Ads
Disini kita mulai mendesain tampilan iklan.
Pada kolom Identity, pilih page yang akan anda gunakan untuk beriklan. Kalau belum punya page, silahkan buat disini.

Pada kolom format, pilih format iklan yang anda inginkan. Umumnya sih menggunakan format single image or video.

Pada kolom Media, klik media yang ingin jadikan iklan. Bisa berupa gambar atau video. Silahkan anda klik lalu upload file (image atau video) anda.
Pada kolom text and links, disini kita wajib isi kolom-kolom ini.

- Primary Text; Kalimat copywriting iklan anda
- Headline; Judul iklan anda
- Description; Deskripsi singkat dibawah headline
- Website URL; Link tujuan setelah iklan di klik
- Display Link; Link yang tampil di iklan
- Button; Tombol
Bingung?
Ok. Coba lihat gambar ini.

Uda paham kan ya. ^_^
Setelah semua beres, klik tombol Confirm
Setelah klik konfirmasi, iklan anda akan masuk tahap review.
Jika iklan anda diterima, maka akan muncul tanda Aktif. Kala ditolak akan muncul tanda eror.

Uda paham kan.
Itulah tutorial facebook ads terbaru dan terlengkap 2021.
Kalau anda sudah melakukan hingga 8 tahap diatas, maka seharusnya iklan anda sudah dalam tahap review.
Iklan di-review?
Yes, semua iklan facebook akan melalui tahap review. Bisa saja ditolak, bisa saja diterima.
Kalau ditolak, ya buat lagi. Gitu aja sampai diterima.
Umumnya sebuah iklan ditolak karena berbau MLM, Obat dan janji berlebihan (misal iming-iming cepat kaya).
Tapi pengalaman saya sih iklan yang uda bener juga bisa aja ditolak. Jadi gak jadi jaminan iklan anda akan diterima.
So, terus berusaha agar iklan anda diterima.
Jika ditolak, coba buat iklan baru dengan text iklan berbeda. Atau juga bisa dengan mengubah image iklan.
Kalau anda ingin belajar strategi beriklan di facebook dan instagram lebih lengkap dan detail, saya sangat merekomendasikan anda untuk ikut kelas Jagoan Fb Ads.
Materinya komplit. Full video training dan sangat cocok untuk pemula.
Baca juga: 12 Tips Youtube Agar Banyak Viewer & Subscriber
Semoga bermanfaat ^_^
Note. Panduan ini sudah saya update menyesuaikan tampilan ads manager facebook tahun 2021

Just share pengalaman saya terjun dalam dunia bisnis. Semoga bisa memberikan banyak insight untuk anda dan segala yang saya bagikan bisa bermanfaat. Amin
Mas, atm debitnya harus mandiri kah? Atau bisa yang lain?
klw sy paake debit mandiri atau jenius BTPN. Selain itu kurang tau